Sejarah, Sebuah Makna Dibalik Masa Lampau

Nama doang History Channel, tapi isinya kebanyakan reality show -_-

Nama doang History Channel, tapi isinya kebanyakan reality show -_-

Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.

Bisa dibilang saya adalah orang yang senang mempelajari sejarah, meskipun yang saya sukai hanya berkisar sejarah perang, sejarah peradaban, dan perkembangan alam semesta.

Kenapa saya suka mempelajari sejarah ??

yang pertama adalah, karena masa lalu adalah kunci menuju masa depan. Kita tidak bisa menciptakan masa depan tanpa belajar dari masa lalu. manusia melalui belajar dari sejarah dapat mengembangkan potensinya. kesalahan pada masa lampau, baik kesalahan sendiri maupun kesalahan orang lain bisa dihindari. Sedangkan, pengalaman yang baik harus ditiru dan dikembangkan. Dengan demikian, manusia dalam menjalani kehidupannya tidak berdasarkan trial and error, seperti yang dilakukan oleh binatang. tanpa itu semua, kita tidak akan pernah mengalami kemajuan dan akan terus mengulang kesalahan yang sama.

ingat, if we don’t learn from History, the History will repeat itself 😉

Kemudian, dengan belajar sejarah kita berusaha mengenal diri kita, menemukan jati diri kita. Entah Jati diri sebagai individu,  sebagai bagian dari bangsa, sebagai umat manusia, ataupun jati diri kita sebagai bagian dari Ciptaan tuhan yang Maha esa, tergantung dari sudut pandang mana kita mempelajari sejarah. Dengan begini kita bisa merenungi akan keesaan Tuhan, memuji kebesarannya, dan semakin dekat padaNya. Kita tidak mungkin mengenal diri kita dan bagaimana kita bisa menjadi seperti ini tanpa mempelajari sejarah.

Kenali dirimu, maka kau akan mengenali tuhanmu 🙂

Sejarah juga mempunya manfaat inspiratif. Berbagai kisah sejarah bisa mengispirasi bagi para pembaca dan pendengarnya, mulai dari kejayaan di masa lalu, keberhasilan tekad seseorang dalam menciptakan sebuah inovasi, kesuksesan para Nabi dalam menyampaikan kebenaran. Hingga kesuksesan para pelopor bangsa dalam meraih kemerdekaan. Hal ini membuat kita semakin bersemangat untuk mencapai yang terbaik.

Dan yang paling saya suka dari sejarah adalah, Sejarah mencakup segala hal dalam kehidupan ini. Sejarah menawarkan begitu banyak variasi kondisi dan pengalaman manusia, setiap hal mempunyai sejarahnya masing2. Karena Sejarah bersifat keseluruhan, ada banyak hal yang bisa kita pelajari. Jadi kita tidak perlu memaksakan diri mempelajari segalanya dalam sejarah, jika kita tidak menyukai suatu sejarah, kita bisa mempelajari sejarah yang lain.  Seperti halnya saya yang hanya menyukai bidang tertentu dalam sejarah, yang sesuai dengan minat dan hasrat saya.

Dalam mata pelajaran, kita bisa membenci fisika, kimia akuntansi, dll. namun kita tidak bisa benar2 membenci sejarah.

Memang ada banyak hambatan dalam mempelajari suatu sejarah. Hambatan terbesar bagi orang2 yang mempelajari sejarah adalah, terkadang sejarah yang dicatat bukanlah kejadian yang sebenarnya. sebagian sejarah ditulis oleh pemenang perang dan ada juga bagian sejarah yang hanya merupakan propaganda rezim yang berkuasa saat itu, kebenaran2 yang ada juga banyak yang disembunyikan, bahkan artefak manuskrip ilmu pengetahuan kuno yang berharga juga banyak yang dihilangkan. sehingga untuk menguak kebenaran hakiki dalam sebuah sejarah bisa membutuhkan usaha ekstra keras. Namun di sinilah tantangan yang sebenarnya. bisa kah kita menguak kebenaran ? tentunya bisa jika kita terus berusaha mencarinya.

Cepat atau lambat kebenaran akan segera terkuak.

Setiap orang adalah produk masyarakat dan setiap masyarakat adalah produk masa lampau. Dengan mempelajari sejarah kita bisa belajar dari kesalahan masyarakat masa lampau untuk memperbaiki masa depan kita.

2 thoughts on “Sejarah, Sebuah Makna Dibalik Masa Lampau

Tinggalkan komentar